Ustadz Abdul Rahman Reses di Bengkong Pertiwi



pksbengkong.com | Puluhan warga RT. 04 RW. 13 Bengkong Pertiwi antusias memenuhi undangan reses anggota legislatif (Aleg) dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Kepri (Sabtu, 07/04/2018), Ustadz Abdul Rahman (AR), Lc, masa sidang 2018.

Agenda reses kali ini merupakan silaturahmi Ust. AR dengan warga bengkong yang dikemas oleh pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKS Bengkong dengan kegiatan temu warga untuk jaring aspirasi dan bhakti sosial (baksos) berupa pembagian sembako murah. Murah karena sembako bernilai kurang lebih Rp. 50.000, warga cukup membelinya dengan Rp. 20.000.

Ba’da sholat ashar, sekitar pukul 15.40 WIB warga berdatangan ke lokasi reses, kemudian mengisi daftar hadir, dan langsung menempati tempat duduk yang disediakan oleh panitia. Acara dipimpin oleh MC, Ibu Dewi, dengan diawali pembukaan dan beberapa pantun untuk menambah khidmat suasana sore itu.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua RT. 04/RW. 13, Bapak Syafrizal. Ketua DPC PKS Bengkong, Bapak Banu. Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Batam, Ustadz Taufik Hermawan, dan mantan aleg Fraksi PKS DPRD Kota Batam periode 2009-2014, ibu Siti Nurlaila.

Untuk menambah keberkahan, sebelum penyampaian beberapa kata sambutan dari beberapa tokoh yang hadir, agenda acara reses sore itu dilengkapi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh salah satu kader PKS Bengkong, saudara Irham.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyampaian beberapa sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua DPC PKS Bengkong selaku fasilitator acara reses. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa, “Anggota Dewan DPRD Provinsi Kepulauan Riau (KEPRI) adalah penyambung aspirasi kita, warga Bengkong, kepada pemerintah Provinsi KEPRI. Oleh sebab itu kami memfasilitasi bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian untuk dapat bertemu dengan salah satu Aleg dari F-PKS di sini, supaya Bapak/Ibu sekalian dapat menyalurkan aspirasi. Oleh sebab itu, silakan kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.”

Kemudian dalam sambutan Bapak Syafrizal, Beliau yang sangat mengetahui kontribusi Ust. AR dalam kapasitasnya sebagai anggota dewan di wilayah Bengkong, beliau menyampaikan bahwa, “Jumlah suara pemilih Ust. AR pada Pemilu 2014 di sini adalah cukup banyak sehingga cukup memberi andil dalam menjadikan beliau terpilih menjadi wakil rakyat di tingkat Provinsi KEPRI. Beberapa advokasi telah dilakukan oleh Ust. AR untuk warga Bengkong, salah satunya adalah advokasi renovasi/perbaikan bangunan Posyandu kita.” Begitu ungkapan pak Syafrizal yang belum lama terpilih menjadi Ketua RT 04 atas dukungan warga setempat. Pak Syafrizal juga meninformasikan kepada warga yang hadir, bahwa pada Pemilu 2019 nanti, Ust. AR kembali dicalonkan oleh PKS untuk menjadi anggota dewan Provinsi KEPRI untuk periode 2019-2024, “Karena mampu memberikan kontribusi untuk warga masyarakat, maka warga masih akan mendukung beliau.” Pak Syafrizal menambahkan.

Turut memberikan sambutan adalah Ust. Taufik Hermawan, yang diminta oleh panitia untuk memberikan taujih (nasihat) singkat kepada pengurus PKS Bengkong dan hadirin sambil menunggu Ust. AR yang masih diperjalanan hadir ditempat acara reses. Beliau menyampaian nasihat mengenai keutamaan silaturahmi dari sebuah hadits Rasulullah SAW, yang artinya kurang lebih sebagai berikut, "Barangsiapa yang ingin dipanjangkan umur dan dilapangkan rezekinya, maka perbanyaklah bersilaturahmi. Sebaliknya, barang siapa suka memutuskan tali silaturahmi, maka Allah akan sesakan dadanya dan disempitkan rezekinya (hadits).” Beliau menghimbau kepada hadirin untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan warga Indonesia dengan jalan memperbanyak silaturahmi. “Kami, kader PKS, in syaa Allah juga demikian. Tidak akan hanya bersilaturahmi kepada warga konstituen jika mau ada Pemilu saja, tapi pada setiap kesempatan waktu. Mohon doanya, semoga kami bisa istiqamah,” pungkasnya.

Belum usai Ust. Taufik Hermawan menyampaikan taujihnya, Ust. AR datang dan dengan ramah menyapa hadirin. Setelah Ust. Taufik mencukupkan taujihnya, Ust. AR langsung memberikan sambutannya, Ust. AR menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran warga semua. “Saya sampaikan terima kasih kepada bapak-bapak dan ibu-ibu semua, atas kehadirannya. Sebab tanpa kehadiran bapak/ibu semua, maka acara ini tidak akan terlaksanan dengan baik.” Beliau juga mengingatkan warga mengenai tugas anggota dewan, yaitu 1) Tugas penganggaran (APBD); 2) Tugas Pengawasan (Kinerja pemimpin daerah); 3) Tugas Pembuatan aturan daerah (Perda). “Untuk dapat melaksanakan tugas-tugas anggota dewan dengan baik, maka seorang anggota dewan membutuhkan suara-suara (aspirasi) dari masyarakat konstituen pemilihnya. Sehingga dapat merencanakan penyaluran dana APBD secara tepat dan bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat dan daerahnya,” jelasnya. Beliau melanjutkan, “Oleh sebab itu, seorang anggota dewan perlu melakukan reses untuk menjaring aspirasi warga masyarakat, karena reses merupakan salah satu kewajiban anggota dewan.” Ust. AR menutup sambutannya dengan mengajak hadirin untuk tidak ragu atau sungkan menyampaiakn aspirasinya pada acara reses ini.

Setelah Ust. AR selesai menyampaikan sambutan, dalam sesi tanya-jawab, beberapa hadiri mulai menyampaikan pertanyaan-pertanyaan. Salah satunya adalah yang disampaikan oleh Bapak Agus Yanto yang menanyakan perihal keabsahan tanah milik warga yang hingga saat ini, warga belum bisa memperoleh sertifikat tanah dari pemerintah Kota Batam. Menjawab pertanyaan Pak Agus Yanto, Ust. AR menyampaikan bahwa suatu lahan yang cukup luas dan sudah ditempati oleh ribuan warga sebagai tempat tinggal, maka kecil kemungkinan pihak pemerintah kota Batam, dalam hal ini adalah Otorita Batam atau BP Batam, akan mengalihfungsikan lahan tersebut menjadi fungsi lain. Sehingga warga tidak perlu khawatir, yang terpenting bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian memperoleh lahan tempat tinggal yang bapak/ibu tempati saat ini dengan cara jual/beli yang sah, maka in syaa Allah aman.

Pertanyaan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Edi, Sekretaris RT. 04. Beliau minta dibantu advokasi untuk program pengerasan jalan dibeberapa titik di daerah Bengkong Pertiwi. Menjawab pertanyaan Pak Edi, Ust. AR menyampaikan bahwa, “Anggaran semenisasi jalan setiap tahun tersedia. Kami juga sudah mengadvokasi program semenisasi jalan di beberapa titik di batam. Untuk tahun 2019, jika memang warga Bengkong Pertiwi menghendaki program semenisasi jalan, maka silakan membuat proposal pengajuannya dan diberikan kepada saya, in syaa Allah kami bantu mengadvokasinya.

(Bu Siti Nurlaila/Bu Ela)

Setelah sesi tanya-jawab usai, sebelum penutupan acara reses, panitia mempersilakan ibu Siti Nurlaila atau yang akrab dipanggil dengan Bu Ela untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan, “Saat ini saya aktif sebagai pengurus di Bidang Perempuan Ketahanan Keluarga (BPKK) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Kepri. Saat ini BPPK Kepri sedang menangani permasalahan penyebaran penyakit masyarakat LGBT (Lesbian, Gay, Bi-sexual, Transgender) yang bertentangan dengan norma Agama apapun dan Pancasila. Jika tidak ditanggulangi, masalah LGBT ini dapat merusak moralitas masyarakat Indonesia khususnya kaum muda.” Beliau juga menginformasikan bahwa, “Saya pernah terpilih menjadi anggota legislatif DPRD Kota Batam periode 2009-2014. Namun, karena suatu hal, saya tidak terpilih lagi menjadi anggota dewan untuk periode 2014-2019. Pada Pemilu 2019 mendatang, kebetulan saya dicalonkan kembali oleh PKS untuk maju menjadi Caleg DPRD Kota Batam masa kerja 2019-2024. Mohon doa dan dukungan dari bapak-bapak dan ibu-ibu semua, semoga PKS istiqomah memperjuangkan kepentingan warga,” pungkasnya.

Setelah acara reses ditutup, agenda dilanjutkan dengan penyerahan sembako murah secara simbolis kepada warga dan juga foto bersama warga dengan Ust. AR. (/tfq)




----------
Foto Ust. AR bersama warga Bengkong Pertiwi.









Share on Google Plus

About PKS Bengkong

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment